×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

dulmyid - Informasi Terkini

Iklan

Candil Kuya

Tag Terpopuler

Flores Timur diterjang Banjir, NTT Berpotensi Cuaca Ekstrem

Minggu, 04 April 2021 | April 04, 2021 WIB


KUPANG-LIDAHTIMOR.COM
Pasca peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui  jumpa pers secara virtual, Minggu (4/4) malam, BMKG akhirnya menerbitkan peringatan dini cuaca ekstrem disertai banjir dan longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT). Peringatan disampaikan usai banjir bandang menghantam sejumlah desa di Kabupaten Flores Timur.
 

Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary T. Djatmiko mengatakan peringatan berlaku selama tiga hari, sejak  Minggu 4 April 2021.

 

"Siaga potensi banjir dan tanah longsor di wilayah NTT. Siaga potensi angin kencang di wilayah NTT," tulis Hary lewat keterangan tertulis yang disampaikan kepada media diterima oleh awak media www.lidahtimor.com di Kupang.


Untuk hari ini, Minggu (4/4), BMKG menyebut ada potensi hujan sedang hingga lebat. Hujan diprediksi mengguyur Pulau Timor, Pulau Sabu, Pulau Rote, Alor, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, dan Nagekeo pada malam dan dini hari.

 

BMKG memprediksi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang terjadi esok hari. Hujan diperkirakan turun pada pagi hingga siang hari di Pulau Timor, Pulau Sabu, Pulau Rote, Pulau Sumba, Alor, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, dan Nagekeo. Lalu hujan diprediksi akan kembali turun pada malam hari di Pulau Timor, Pulau Sabu, dan Pulau Rote.

 

Untuk Selasa (6/4), BMKG menerbitkan peringatan dini hujan sedang-lebat di Pulau Timor, Pulau sabu, dan Pulau Rote. Hujan diperkirakan akan disertai petir dan angin kencang.

 

Sebelumnya, Kabupaten Flores Timur diguyur hujan lebat. Akibatnya, banjir bandang menghantam sejumlah kecamatan. Hingga Minggu (4/4) sore, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengumumkan dan mencatat 44 orang meninggal dunia akibat kejadian itu. Sementara puluhan rumah tertimbun lumpur.

 

Penulis : Martin Uung

 

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS