×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

dulmyid - Informasi Terkini

Iklan

Candil Kuya

Tag Terpopuler

FPK DKI Jakarta Gelar Ziarah Ke Makam Kramat Guru Mansur, Ahmad Syaropi: Banyak Utang Negara untuk Pahlawan

Rabu, 17 November 2021 | November 17, 2021 WIB


Ket. Foto: Pengurus/Anggota FPK DKI Jakarta berziarah ke Makam-Makam Habib Ahmad bin Alwi Al-Haddad Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan (Foto-SP-TM)
 
JAKARTA-LIDAHTIMOR.COM Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) DKI Jakarta mengunjungi makam Kramat KH. Moh. Mansur (Guru Mansur) Jembatan Lima pada Kamis, 18/11/2021 dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November 2021.
 
Dalam kunjungan tersebut, Pengurus/Anggota FPK DKI Jakarta disambut langsung oleh cicit Guru Mansur, Afif Ahmadi Mansur dan Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jakarta Barat Drs. H. Ahmad Syarofi, M.Si
 
Dalam prosesi ziarah ke-lima (5) makam tersebut, dipimpin oleh Habib Achmad Alaydrus, ST yang merupakan utusan dari Rabithah Alawiyah Etnis Arab. Kegiatan selalu diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan FPK DKI Jakarta, berziarah dan berdoa bersama, ramah tamah tamu (FPK DKI Jakarta) dengan tuan rumah (keluarga tokoh dan Dinas Kebudayaan Jakarta Barat), dan terakhir pemberian penghargaan kepada pihak keluarga tokoh atau ulama. 
 
Ketua FPK DKI Jakarta A. Syamsul Zakaria, S.H., M.H mewakili keterwakilan dari anggota FPK DKI Jakarta dan juga perwakilan dari Kesbangpol DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah dan Dinas Pariwisata dan kebudayaan Jakarta Barat dan mendoakan agar selalu diberikan limpahan berkah dari Allah SWT. 
 
Dalam sambutannya, A. Syamsul Zakaria mengharapkan, dengan adanya wisata religi ini, tidak hanya sekedar silaturahmi saja, melainkan juga dapat sejalan dengan harapan bersama agar momentum ini dari sisi kebudayaan Jakarta Barat terutama dalam hal wisata religius bisa berbenah lebih baik pada masa yang akan datang. 
 
“Kami juga ingin melihat langsung situs sejarah para tokoh atau pahlawan yang mendahului kita,  yang telah melakukan rentetan perjuangan dalam memajukan Islam khususnya di Jakarta, ini adalah pahlawan kemerdekaan,” ujar Syamsul Zakaria. 
 
Ketua FPK menjelaskan, dalam rentetan perjalanan wisata religi yang didatangi hari ini dari lima (5) makam para habib, FPK ingin menyampaikan kepada pemda DKI Jakarta khususnya agar para makam pahlawan-pahlawan dapat diperhatikan dengan baik, sarana dan prasarana agar tempat-tempat wisata religi ini dapat dikunjungi para generasi muda/mahasiswa, pahlawan dan lainnya sebagai tempat untuk belajar dan lebih mengenal sejarah para pejuang kemerdekaan. 
 
Dalam Sambutan Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kebudayaan Kota Jakarta Barat Drs. H. Ahmad Syarofi, M.Si menyambut baik kunjungan dari FPK DKI yang berziarah ke ke makam makam para pendahulu yang telah menyumbangkan banyak pikirannya. 
 
Ahmad Syarofi menjelaskan, untuk Guru Mansur sendiri beliau lahir sebelum Indonesia merdeka yakni tahun 1800-an, dan negara Indonesia berhutang banyak kepada umat Islam. 
 
Untuk itu, Ahmad Syarofi menegaskan bahwa kepada semua orang bahwa Amar Ma'ruf nahi munkar merupakan harga mati, melihat sejarah perjalanan para pahlawan Islam dalam memperjuangkan kemerdekaaan.
 
“Bagi saya realitas sejarah masih penting begitu banyak hutang negara pada pahlawan. beliau (Guru Mansur) mahir, banyak ilmu,” ujar Ahmad Syarofi 
 
Terakhir, menyambut niat baik FPK DKI Jakarta, Ahmad Syarofi menuturkan dalam rangka peringatan hari pahlawan Insya Allah Qobul dan mengharapkan Pembangunan Kebangsaan Indonesia akan lebih baik pada masa depan yang akan datang.
 
 
Penulis: Rahmawati
Editor : Martin Uung 

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS